kajian sosial iklan

Jumat, 15 Mei 2020

Brand Lokal Bantul yang terus Berkembang


Nama : Aura Princessa Arafah
NIM : 18107030021
Advertising B




Sebuah diskusi yang diadakan oleh Pak Rama dan Mas Yogie dalam live Instagram
Bantul merupakan bagian dari Daerah Isimewa Yogyakarta , bantul memiliki banyak kebudayaan yang masih banyak dipegang oleh masyarakat, bahkan jika dilihat dari logonya saja Bantul sudah terlihat sangat menarik , terlebih didalamnya masih banyak ruang budaya pop yang diminati anak muda zaman sekarang , ini merupakan sebuah peluang besar untuk meningkatkan budaya lokal Bantul. Disini tidak harus murni menggunakan budaya pop tetapi bisa saja dicampur dengan budaya lokal agar terlihat lebih menarik dan kreatif. Ini lebih banyak diminati anak muda saat ini daripada harus memakai produk dari luar. Sebenarnya siapapun bisa membuat kombinasi antara budaya pop dan lokal dan menjadikannya produk sendiri, dengan kata kunci harus adanya seorang designer yang mampu mencampurkan antara budaya satu dengan lainnya menjadi lebih menarik dengan memanfaatkan media dan ruang yang sudah ada.



Pertama yang harus dilihat untuk membuat dan menemukan desain kreatif lokal adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Jika dilihat Bantul sudah memiliki Industri yang besar diberbagai bidang seperti sandang, pangan, kerajinan kayu, dan juga pertanian. Kita bisa lihat di bantul sudah banyak pabrik-pabrik gerabah yang berani menawarkan produknya ke luar negeri. Bahkan sudah banyak area pertanian dan juga seperti kebun pinus digunakan untuk tempat wisata yang sudah mendapat izin dan dikelola oleh pemerintah , hal ini juga menjadi keuntungan bagi warga sekitar yang bisa berjualan di sekitar tempat wisata.


Banyak sekali permasalahan yang dihadapi anak muda ketika ingin membangun suatu lokalitas dengan menggunakan media digital yang ada, dan kebanyakan permasalahannya adalah uang. Padahal sebenarnya disini yang diharuskan adalah kreatifitas karena uang bisa didapatkan jika kita memiliki kreatifitas yang lebih . dalam membangun suatu karya lokalitas kita diharuskan menujukan hal ini untuk global, tetapi temanya tetap lokal . karena jika kita mentargetkan hanya untuk lokal saja kita tidak bisa lebih maju lagi. Kita sebagai orang kreatif seharusnya berani memproduksi suatu konten mulai dari sekarang, agar tidak hanya menjadi wacana sampai akhir. Kita perlu konsisten dalam membangun suatu konten agar hasil tersebut juga maksimal.


Pada masa pandemi Covid-19 ini juga kita perlu pintar dalam menggunakan media digital, karena pandemi ini sangat berpengaruh pada krisis ekonomi. Kita harus membuat sesuatu yang kreatif agar berpeluang. Saat seperti ini kita bisa memulai dengan mengeluarkan berbagai ide cerdas, jangan menunda sampai pandemi berakhir tetapi mulailah dari sekarang agar saat selesai nanti kita tinggal meneruskan untuk langsung memproduksi. Yang dipikirkan lebih utama adalah jangan menganggap uang itu harus ada diawal , tetapi berfikirlah bahwa kita harus bisa membuat sesuatu yang kreatif dan nantinya akan menghasilkan uang.


Hal pertama yang harus kita lakukan bisa dimulai dari daerah kita sendiri , terlebih desa tempat kita tinggal.

Terimakasih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar